6.16.2010

Cerita Gw Waktu Buat Passpor/Pasport

Waktu itu gw sengaja ga tidur malam2,coz besoknya gw mo ngurus pasport untuk melanjutkan cerita tentang petualangan gw yg pastinya kali ini petualangan gw udah gak lagi di dalam indonesia tapi gw mo coba sesuatu yg baru such as keluar negri.hehehe

Jam 6.00 tepat gw bangun sambil neliatin matahari yg juga males untuk muncul,"cie puitis banget",dan langsung menuju ke kamar mandi dengan keadaan setengah ngantuk tapi biarpun keadaanya begitu gw tetap harus mandi demi megurus paspor yg udah gw rencanakan sebelumnya.setelah itu siap2 manasin mesin motor sambil ngopi di ruang depan rumah, duh enaknya pagi2 bangun pagi serta meghirup udara pagi sambil minum kopi lagi,Ma'nyus...

singkatnya sampe di kantor imigrasi jember, hari pertama terasa ga ada kendala setelah nyetorin berkas-berkas gw langsung di suruh dateng lagi besoknya.

Di hari ke 2 gw dateng jam 12.30 siang soalnya waktu interview yg di tentukan sama petugas kantor imigasi yg terhormat itu jam 1.00 siang,jadi makanya gw datang lebih awal,lalu pada jam 1 lewat bogor eh maksudnya lewat seperempat kekeke,.gw setorin aja tanda bukti berkas2 yg udah gw setorin diantaranya KK asli,Akte Lahir asli sama KTP asli lalu gw di suruh tunggu sebentar "duduk dulu mas,nanti saya panggil",begitu kata bapak di bagian loket kantor imigrasi(Jember),ya udah gw tungge aja namun ga lama kemudian nama gw di panggil lalu gw di suruh bayar uang sejumlah Rp. 270.000 dan setelah itu gw di kasih bukti pembayaran/kwitansi lalu lagi2 di suruh tunggu sebentar "tunggu sebentar mas nanti di panggil buat foto sama wawancara",kata pa petugas imigrasi yg terhormat tapi ga lama kemudian nama gw di panggil trus gw masuk ke ruang foto dan setelah itu wawancara wah ini bagian yg sulit,kalo ga salah waktu itu kronologis kejadianya gini

Petugas : Nama%$^&#&^$&
Gw : Si fulan pa
Petugas : Tujuannya mo kemana??
Gw : Canada
Petugas : tujuan ke canada mo apa??
Gw : mo berkunjung pa,.saya ada teman di sana
Petugas : ya udah sekarang kamu minta surat undangan sama teman kamu,habis itu bawa ke sini
Gw : Lho tapi persaratan surat undangan di ajukan pada saat kita mo ngajukan permohonan visa pa,ko pasport 48 halaman pake persaratan kaya gitu??tanya gw,.
Petugas : ya udah kalo gitu pasport kamu saya pending!!!,gmn?
Gw : Waduh,.Co' assu...(tapi dalam hati)kekeke...
Petugas : besok kamu bawa aja surat pernyataan undangan dari temen kamu,setelah itu passprt nya bisa langsung kamu bawa, "ngomong dia dengan santainya",.
Gw : Iya pa.

Setelah itu gw pulang dengan tangan hampa,pasport belum jadi terus besok gw harus balik lagi dari desa tercinta gw ke kota jember, asal lo tau aja gw dah bolak-balik dari kampung gw ke jember itu 3 kali,jadi badan gw aja sampe lemes kalo inget jauhnya perjalanan yg gw tempuh itu,.

Lalu besoknya di hari ke 3 gw datang sambil membawa surat pernyataan undangan dari temen gw di Canada yg dikirim temen gw lewat E-mail. Sampai di sana gw langsung ke kasir bagian pembayaran pasport dan gw konfirmasi ke petugas tersebut, "Pa ini surat pernyataan ajakan/undangan dari temen saya di Canada yg kemarin di minta sama petugas wawancara", lalu si petugas kasir jawab, "langsung aja mas ke ruang wawancara dan temui orang yg minta persyaratan tersebut", lalu gw jawab "trima kasih mba". Lalu gw langsung menuju ke ruang wawancara dan kebetulan orang yg mewawancarai gw waktu itu ada di tempat dan sedang mewawancarai pemohon pasport yg nasibnya juga sama kaya gw, lalu gw tunggu sebentar pada saat selesai mewawancarai orang tersebut gw langsung bilang sama petugas wawancara itu dan bilang "ni pa surat undangan dari teman saya di Canada,di ga bisa geFAX kan jadi lewat Email pa, soalnya teman saya juga sibuk kerja di Canada jadi ga sempat untuk ngefax kan", lalu petugas menjawab "ya udah selesainya besok ya,pasportnya baru bisa di ambil besok", Lalu gw tanya lagi "Lho katanya bapak kemarin saya di suruh bawa surat pernyataan dan pasport saya bisa langsung di ambil", Lalu si petugas menjawab "Iya tapi sekarang masih proses,besok aja di ambil", dan gw jawab ja "ya dah pa,trima kasih", padahal waktu gw cek ke bagian pembuatan pasprt gw sudah jadi dan udah bisa di ambil tapi ga tau kenapa si petugas penyerahan pasport ga mau ngasih pada hari itu.

Dan keesok harinya gw datang lagi ke kantor Imigrasi jember dan langsung menuju ke bagian pengambilan pasport, setelah gw setorkan kwitansi/bukti pembayaran pembuatan pasport ga lama kemudian nama gw langsung di panggil dan gw di beri pasport yg sudah selesai,tapi sebelum meniggalkan kantor imigrasi gw di suruh memfoto copy pasport tersebut dan foto copyannya di suruh di setorkan ke bagian penyerahan pasport,dan akhirnya selesai deh pasport 48 halaman gw, cuma memakan waktu 4 hari kerja tapi cape juga bolak-balik Lumajang ke Jember selama 4 hari berturut-turut,Fiuhh..

Jadi untuk persyaratan pembuatan pasport adalah :
  1. KK . asli
  2. KTP . asli
  3. Akte Kelahiran
  4. Ijasah Terakhir (harus ikut di sertakan jika anda tidak mempunyai Akte kelahiran)
  5. udah 4 hari ke depan ato biasanya 1 minggu udah jadi deh...
gampang kan??jadi jangan takut urus apalagi lewat calo yg biayanya antara 500-800rb,mahal padahal biaya pembuatan itu sendiri cuma 270rb coba ja lo bayangin kalo satu orang dikenakan biaya sampe 800rb jadi kalo 10 orang kita total aja berapa keuntungan para calo-calo itu,kalo gw sih terus terang ja nulis blog ini supaya para calo makin sempit peluang kerjanya dan supaya para calo yg ada sekarang bisa pindah ke profesi yg lebih cerdasan dikit, Hemm,. profesi calo pasport emang sedikit cerdas sih,.TAPI cerdas ngibulin rakyat kecil demi mengisi perutnya yg sudah buncit kaya binatang BABI itu!!!!.. wkakakaka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar